Pengolahan Ipal

Cara Pengolahan Limbah

Limbah adalah bahan buangan tidak terpakai yang dampak negatif terhadap masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Limbah adalah sisa produksi, baik dari alam maupun hasil dari kegiatan manusia. Berbagai macam limbah dapat dikelola dan diolah agar tida berbahaya bsgi lingkungan hidup.limbah padat biasanya dapat di daur ulang kembali agar dapat bermanfaat lagi dan digunakan untuk bahan produksi kembali. Berbagai metode atau teknologi penanganan limbah cair pun telah banyak dikembangkan. Untuk itu perlu adanya pengolahan limbah-limbah tersebut untuk mengantisipasi atau meminimkan akibat pencemaran yang terjadi.

Limbah merupakan SDA yang telah kehilangan fungsinya. Keberadaanya dalam lingkungan dapat mengganggu keindahan, kenyamanan, dan kesehatan. Akumulasi limbah berpotensi menjadi polutan penyebab pencemaran. Upaya pengelolaan limbah yang saat ini telah di galakan adalah pendaurulangan atau recycling. Dengan daur ulang dimungkinkan pemanfaatan sampah, misalnya plastik, alumunium, dan kertas menjadi barang-barang yang bermanfaat. Limbah adalah buangan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga), yang kehadirannya pada saat tertentu tidak dikehendaki karena menurunkan kualitas lingkungan.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa limbah merupakan suatu zat atau benda yang bersifat mencemari lingkungan. Limbah tida memiliki nilai ekonomi karena limbah itu dibuang. Sejauh mana limbah itu berbahaya bergantung pada karakteristik limbah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.